Senin, 02 Januari 2012

Zipper

          Zipper sering kita sebut dengan ritsluiting, yang digunakan untuk membuat bukaan pada pakaian agar pakaian tersebut mudah dipasang atau dibuka. Zipper ini bermacam-macam model dan ukurannya tergantung kegunaanya.

  1. Zipper model biasa, zipper ini biasanya dipasang dengan jahitan yang terlihat dari luar. Digunakan terutama untuk bukaan pada rok wanita, blus pada bagian tengah belakang, celana pria dan pakaian anak-anak. Ukurannya ada bermacam-macam antara lain ; 17cm, 20cm,35cm, 45cm dan 50cm. Jenis ini tersedia dari beberapa merk, untuk busana yang bagus hendaknya memilih zipper yang berkualitas bagus pula. 
 
 2. Zipper jepang, zipper ini dijahitkan pada bagian dalam pakaian dan tidak terlihat dari bagian luar. Cara memasangnya biasanya dibantu dengan sepatu mesin khusus, agar pemasangannya bagus dan tepat. Model Zipper ini ada 2 macam yaitu seperti gambar disebelah adalah zipper yang tepinya seperti renda atau disebut dengan lace zipper dan yang satu adalh zipper biasa tanpa lace.


3. Zipper untuk jaket atau mantel. Zipper ini ukurannya lebih besar dari jenis zipper lainnya dan lebih kuat sesuai fungsinya. Dan pada bagian bawah dapat dilepas karena fungsinya sebagai bukaan jaket atau mantel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar